Salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia adalah Diabetes Melitus (DM) atau lebih dikenal dengan diabetes. Penyakit ini merupakan penyakit yang diderita seumur hidup, tak dapat disembuhkan namun masih dapat dikendalikan. Diabetes dapat dicegah dengan cara melakukan tes kesehatan agar dapat dideteksi sedini mungkin.

Apa sebenarnya penyebab dan gejala penyakit ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Diabetes, tak dapat disembuhkan namun dapat dikendalikan

Apa Itu Diabetes?

Diabetes merupakan kondisi dimana kurangnya kadar insulin dalam tubuh atau pada saat tubuh tak dapat merespon insulin dengan tepat. Penyakit yang memiliki keterkaitan dengan hormon insulin ini kerap disebut dengan sakit gula atau kencing manis, dan mengakibatkan penderita mengalami peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Apa Penyebab Diabetes?

Terdapat dua faktor yang menyebabkan kadar insulin dalam tubuh berkurang. Faktor pertama adalah karena genetik, sehingga menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin dalam kadar yang cukup. Faktor kedua adalah karena tubuh mengalami resistensi atau kebal terhadap insulin, sehingga tubuh tetap memproduksi insulin namun tidak dapat bekerja dengan baik.

Apa Saja Jenis Diabetes?

Terdapat empat jenis diabetes yaitu:

– Diabetes tipe 1, merupakan penyakit autoimun kronis karena tubuh kurang atau bahkan sama sekali tidak dapat menghasilkan hormon insulin. Kondisi ini jarang terjadi jika dibandingkan dengan diabetes tipe 2.
– Diabetes tipe 2, yang mana lebih umum terjadi pada orang dewasa dan lansia dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat.
– Diabetes tipe 3, kondisi dimana kurangnya suplai insulin ke otak dan memicu terjadinya Alzheimer.
– Diabetes gestasional, yang terjadi pada ibu hamil meskipun tak memiliki riwayat diabetes.

Apa Gejala Diabetes?

Gejala diabetes bergantung pada seberapa tinggi kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa gejala yang umum terjadi pada diabetes tipe 1 dan 2 adalah:

– Kerap buang air kecil
– Merasa haus berlebihan
– Berat badan menurun tanpa alasan yang jelas
– Merasa lapar berlebihan
– Lelah
– Penglihatan kabur
– Mudah marah
– Penyembuhan luka cenderung lambat
– Infeksi yang kerap terjadi pada kulit, gusi, atau vagina
– Adanya keton dalam urin. Keton adalah hasil kerusakan lemak dan otot yang terjadi ketika insulin tidak tersedia dalam jumlah yang cukup

Bagaimana Mengobati Diabetes?

Terdapat beberapa cara mengobati diabetes, diantaranya:

– Olahraga rutin, karena berolahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

– Diet sehat dengan memilih makanan kaya akan gizi, serat, serta rendah lemak. Terdapat beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes mulai dari nasi merah, oatmeal, brokoli, tomat, bayam, daging tanpa lemak, ikan laut, jagung, ubi jalar, sawi, kubis, kacang-kacangan, chia seed, yoghurt, apel, pepaya, stroberi, semangka, plum, pir, hingga jambu biji.

Tips! Mencegah Diabetes

Untuk mencegah diabetes, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya:

– Menerapkan pola hidup sehat dan mengatur pola makan sehat, karena hal tersebut menjadi salah satu kunci menghindari diabetes. Batasi asupan gula harian sebanyak 9 sendok teh gula (40 gram).
– Menjaga berat badan ideal, karena obesitas dapat menjadi salah satu faktor penyebab diabetes pada seseorang.
– Berolahraga rutin, luangkan waktu minimal 30 menit dalam sehari.
– Cek gula darah rutin, untuk memonitor kadar gula darah dalam tubuh.
– Mempelajari dan memahami penyakit diabetes lebih mendalam untuk menghindari risiko terkena penyakit seumur hidup ini. SehatQ.com menghadirkan Direktori Penyakit lengkap tak hanya seputar diabetes, namun segala penyakit mulai dari A hingga Z yang cocok Anda jadikan ilmu pengetahuan seputar kesehatan.

Itulah penjelasan lengkap seputar diabetes yang wajib diketahui agar dapat menghindari penyakit ini. Kunjungi Direktori Penyakit SehatQ.com untuk informasi penyakit lengkap.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *