3 Tips Agar Produktif dan Cepat Mencapai Goal

Memiliki produktivitas yang baik menjadi hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang. Bagaimana tidak? Selain dapat menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang singkat, menjadi produktif bisa mempercepat seseorang dalam mencapai apa yang dicita-citakan. Berikut ini adalah beberapa tips agar produktif yang bisa membuat waktu Anda menjadi lebih bermanfaat.

Tips Agar Anda Menjadi Lebih Produktif

1. Manajemen waktu yang baik

Memiliki manajemen waktu yang baik sangat penting untuk membuat Anda menjadi lebih produktif. Inilah yang membedakan antara orang sibuk dan orang sok sibuk. Sepadat-padatnya kegiatan yang dimiliki, jika memiliki manajemen waktu yang baik maka dia tidak akan merasa sibuk. Hal ini karena orang tersebut memiliki pengaturan jadwal dan prioritas yang baik.

Jadi, jika Anda ingin menjadi lebih produktif, latihlah untuk melakukan manajemen waktu dengan baik. Lakukan hal-hal yang terpenting lebih dahulu. Setelah itu, buat jadwal kapan kegiatan tersebut harus dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan kelonggaran waktu untuk beristirahat atau berkumpul dengan keluarga.

2. Mengaplikasikan hukum pareto

Hukum pareto atau aturan 80-20 adalah hukum yang menyatakan bahwa 20% upaya akan memberikan hasil 80%. Anda tidak harus memforsir diri Anda untuk melakukan banyak hal dan bekerja keras terus-menerus. Terkadang Anda harus memberikan jeda dan bekerja secara cerdas. Justru dengan upaya yang lebih ringan, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

3. Kurangi kebiasaan buruk

Jika Anda ingin menjadi lebih produktif, Anda juga harus berusaha mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang tidak produktif. Contoh dari kebiasaan ini adalah menonton televisi seharian penuh, bermain game tanpa kenal waktu, dan menggunakan smartphone hanya untuk bermedia sosial saja tanpa mempelajari ilmu-ilmu baru.

Terlalu sering berkumpul dengan teman juga kurang baik jika hanya sekadar bersenda gurau saja. Lakukan hal-hal ini jika Anda benar-benar telah menyelesaikan tugas utama Anda.

Dengan menerapkan ketiga tips di atas, Anda akan menjadi lebih produktif dan semakin cepat untuk mencapai cita-cita Anda. Selain itu, manajemen waktu yang baik akan membuat Anda merasa memiliki lebih banyak waktu dan bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *