Ini Nih Serangkaian Penyakit yang Akan Kamu Dapat Cuma Gara-Gara Soda

Siapa yang tak kenal dengan soda? Minuman menyegarkan dengan sensasi buihnya membuat peminumnya ketagihan. Bagi kalian yang suka makan di restoran fastfood, tentu akan menjadi kombinasi yang klop jika menikmati soda sebagai pendampingnya. Namun, tahukah bahwa ada bahaya dari minuman bersoda yang dampaknya tak tanggung-tanggung akan kamu dapatkan.

Apa dampaknya? Ada beberapa penyakit yang dipicu oleh seringnya kalian minum minuman bersoda, antara lain:

1. Insomnia

Di mulai dengan dampak sederhana, yaitu soda bisa mengakibatkan insomnia. Dalam soda terdapat kandungan aspartame. Zat inilah yang dapat memicu insomnia atau gangguan tidur saat malam hari. Tak hanya itu, dampak selanjutnya yang timbul adalah tingkat depresi dan juga gangguan neurologis pun akan dapat meningkat.

2. Obesitas

Dampak ini tak dapat dihindari jika kalian penikmat dan penyuka minuman bersoda. Bagaimana tidak, minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Disebutkan bahwa kandungannya bisa 4 kali lebih tinggi dari minuman manis biasanya.

Inilah yang membuat minuman bersoda dapat meyebabkan obesitas alias kegemukan bagi kalian, jika dikonsumiterlalu sering. Jangan remehkan obesitas, karena obesitas merupakan akar dari berbagai macam penyakit lainnya.

3. Penyakit Ginjal

Kandungan fruktosa yang ada di dalam minuman bersoda adalah yang dapat mengakibatkan kalian akan mengalami penyakit ginjal, misalnya gagal ginjal atau pun sepsis. Akan semakin parah dampaknya, jika kalian tidak minum air putih dengan cukup secara rutin.

4. Penyakit Jantung

Lagi-lagi karena kandungan gula yang terdapat pada minuman bersoda. Gula yang dimakan secara berlebihan dapat dikaitkan dengan resiko penyakit jantung. Wah, berbahaya juga ya dampak dari lifestyle yang buruk. Padahal hanya karena salah mengkonsumsi minuman.

Jika setiap hari kalian meminum minuman bersoda ini, maka kemungkinan terkena penyakit jantung atau serangan jantung akan meningkat hingga 20 persen. Dampaknya akan sangat berbeda jika kita jarang meminum minuman manis dan lebih memilih untuk minum minuman alami yang memiliki kandungan rendah gula atau bahkan tanpa gula, misalnya air putih.

Itulah tadi beberapa penyakit yang dapat timbul jika kalian sering meminum minuman bersoda. List di atas mungkin hanya sebagian dampak saja. Bisa jadi masih ada banyak penyakit lain yang dipicu oleh seringnya kalian meminum minuman soda sehari-hari tersebut. Jadi, kalian masih suka dengan minuman bersoda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *