Inilah Jajaran 5 Universitas Tertua di Dunia

Siapa sih, yang tidak ingin melanjutkan pendidikan hingga ke universitas? Tentunya semua ingin masuk ke universitas terbaik yang diinginkan. Belum lagi, saat ini minat belajar ke universitas di luar negeri juga semakin meningkat.

Terkadang, kualitas setiap universitas bisa dilihat dari umur universitas tersebut. Semakin tua tentunya semakin berpengalaman dan kualitasnya bagus. Maka dari itu, sebelum memilih universitas tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu sejarah universitas tersebut.

Kalau begitu, universitas apa saja yang memiliki umur yang sudah tua? Berikut ini adalah jajaran 5 universitas tertua di dunia yang perlu kamu ketahui.

1. Universitas Al-Qarawiyyin

Disebut juga dengan nama Universitas Al-Karaouine, universitas ini berada di Fes, Maroko. Universitas ini sudah mendapat rekor dari Guinness Book of Records sebagai universitas tertua yang didirikan sejak tahun 859.

Universitas ini awalnya hanyalah sebuah masjid yang didirikan oleh seorang perempuan bernama Fatima al-Fihri. Namun lama-kelamaan masjid tersebut menjadi tempat terkemuka untuk menimba berbagai ilmu hingga menjadi universitas dan masih beroperasi hingga sekarang.

2. Universitas Al-Azhar

Berada di Mesir, Universitas Al-Azhar dinobatkan sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan antara tahun 970 – 972. Universitas Al-Azhar merupakan pusat pendidikan untuk mempelajari berbagai sastra dan literatur Islam Arab Sunni dan juga pembelajaran Al-Quran.

Meskipun begitu, universitas ini juga mengajarkan berbagai bidang ilmu modern. Di dalam Universitas Al-Azhar terdapat perpustakaan sebagai harta karun Islam.

3. Universitas Nizamiyya

Universitas Nizamiyya berada di Iran merupakan salah satu universitas yang didirikan oleh Khwaja Nizam Al-Mulk pada abad 11. Salah satu dari semua sekolah Nizamiyyah yang paling terkenal adalah Al-Nizamiyyah di Baghdad yang didirikan tahun 1065 di Dhu’l Qa’da dan beroperasi di Ishfahan.

4. Universitas Bologna

Universitas Bologna adalah universitas pertama yang didirikan di Eropa dan berada di Bologna, Italia. Universitas ini diketahui didirikan pada tahun 1088.

Selama perang dunia kedua, banyak pemimpin negara-negara Eropa yang menempatkan mahasiswanya do universitas ini dengan tujuan untuk menjalin dengan berbagai institusi dari negara lain yang lebih maju. Hingga saat ini, Universitas Bologna sudah memiliki 23 fakultas dan tetap menjadi salah satu dari universitas terbaik di Eropa.

5. Universitas Paris

Universitas tertua di dunia selanjutnya berada di Paris Perancis. Universitas Paris, yang juga sering disebut dengan Universitas Sorbonne, diperkirakan sudah terdapat proses belajar mengajar sejak tahun 1096. Meskipun demikian, tidak diketahui secara pasti siapa pendiri universitas ini.

Universitas ini juga masuk dalam jajaran universitas terbaik di Eropa dan merupakan pusat studi bidang seni, teologi, hukum, dan kedokteran. Berbagai ilmuwan, pemenang nobel, hingga politikus pernah menempuh studi di universitas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *