May 10, 2024

Jika Anda sedang menjalankan bisnis kuliner seperti pembuatan roti, perlu diketahui bahwa Wiratech jual mixer roti terbaik dengan harga terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan mixer tersebut.

Dalam pembuatan roti, mixer memang menjadi alat yang cukup vital agar adonan bisa mengembang sempurna. Namun, banyaknya pilihan mixer yang ada justru malah membuat orang semakin kebingungan dalam memilih.

Oleh karena itu, Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini. Dengan membaca informasi ini, diharapkan nantinya Anda akan lebih tepat dalam memilih mixer untuk pembuatan roti.

Jenis-Jenis Mixer Roti

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah terdapat berbagai jenis mixer roti. Masing-masing memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda sehingga sebaiknya perhatikan bagian ini dengan saksama.

1. Spiral mixer

Jenis yang pertama adalah spiral mixer. Sesuai namanya, mixer ini memiliki bentuk spiral dan biasanya digunakan untuk mengaduk adonan kental seperti mie atau roti.

Dengan ukurannya yang besar, mesin ini dapat menampung adonan hingga 50 liter dalam sekali adukan. Oleh karena itu, spiral mixer biasanya dipakai untuk kebutuhan industri.

Cara kerja mesin ini adalah memutar wadah bersamaan ketika pengaduk mencampur adonan. Dengan kelebihan yang dimiliki, adonan yang dihasilkan nantinya akan memiliki tekstur yang elastis.

2. Planetary mixer

Alasan kenapa mesin ini disebut dengan planetary mixer adalah karena gerakannya menyerupai rotasi planet mengelilingi matahari. Planetary mixer memiliki bentuk tegak lurus.

Jadi, saat mesin bekerja, Anda dapat melihat beater yang ikut berputar, tidak hanya dudukannya saja. Mixer ini biasanya memiliki berbagai opsi kepala, yakni whip whisk, flat beater, dan spiral hook.

Whip whisk biasa digunakan untuk mengaduk bahan yang encer seperti sus atau telur. Kemudian, flat beater dipakai untuk mengaduk mentega atau keju, sedangkan spiral hook dibuat khusus untuk mengaduk bahan yang kental seperti tepung.

3. Hand mixer

Jenis yang berikutnya adalah hand mixer. Cara menggunakan mixer ini masih manual menggunakan tangan supaya adonan teraduk merata.

Dengan harga yang murah dan praktis dibersihkan, banyak ibu rumah tangga tertarik untuk menggunakan mixer ini. Akan tetapi, karena penggunaannya masih manual dengan tangan, maka jumlah adonan yang diolah tidak akan bisa sebanyak mesin sebelumnya.

4. Stand mixer

Secara prinsip kerja, stand mixer hampir mirip dengan hand mixer. Perbedaannya hanya terletak pada cara menggenggam alat tersebut.

Biasanya mixer ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal ketika menggunakan wadah yang besar. Hal tersebut dikarenakan adonan akan lebih cepat teraduk dan tidak mudah kotor.

Memilih Mixer Roti yang Tepat

Setelah mempelajari beberapa jenis mixer di atas, seharusnya kini Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai jenis mana yang cocok sesuai kebutuhan saat ini. Meski begitu, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, pastikan Anda melakukan budgeting terlebih dahulu. Dengan merancang anggaran, maka Anda bisa terbantu ketika terdapat berbagai pilihan mixer dengan berbagai varian harga.

Selanjutnya, silakan sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Mixer untuk sekadar membuat roti rumahan tentu berbeda jika dibandingkan skala industri.

Terakhir adalah memilih penjual yang terpercaya. Salah satu contoh penjual yang dapat Anda pilih adalah Wiratech.

Wiratech jual mixer roti terbaik dengan harga yang cukup terjangkau. Apabila tertarik untuk membeli atau melihat-lihat terlebih dahulu, Anda dapat mengunjungi website resminya di www.wiratech.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *