Mengatur Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Usaha Kecil Menengah

Memiliki usaha kecil menengah tidak serta merta lepas dari beban karyawan. Sekarang ini pemerintah gencar menertibkan pajak Indonesia yang mempengaruhi tingkat penghasilan karyawan. Ini memaksa UKM wajib mengatur strategi pengelolaan Sumber Daya Manusia. Dengan demikian karyawan dapat menghasilkan karya untuk bisnis anda yang semakin produktif dan menuai banyak profit. Langkah di bawah ini menjadi rekomendasi penting untuk diterapkan.

1. Mengatur tata kelola keuangan

Pada segmen keuangan, ingatlah bahwa bisnis UKM berasal dari usaha kecil yang berkembang menjadi besar. Kebanyakan mereka belum memiliki departemen, bahkan semuanya diurus sendiri oleh pemiliknya. Namun ketika menjadi besar, pasti membutuhkan banyak karyawan sehingga wajib dikelola dengan baik. Cara mudahnya adalah mengangkat seseorang yang ditugaskan mengurusi keuangan. Ini harus dipisahkan sendiri, antara keuangan pemilik bisnis dengan keuangan perusahaan agar dapat diketahui rekam transaksi keuangan perusahaan.

2. Menyiapkan tenaga SDM yang mengurus semua aktivitas dan kebutuhan karyawan.

Karyawan yang bertambah tentu membuat beban yang harus ditanggung bagian SDM. Pasalnya keperluan dan kebutuhan yang harus diurus oleh departemen ini juga bertambah. Dari mulai pembayaran gajih hingga perhitungan pajak penghasilan menjadibprioritas utama yang wajib dilayani. Jika seluruh kebutuhan karyawan dapat dilayani oleh badan usaha anda, sudah dipastikan bahwa mereka akan tenang dalam bekerja.

3. Mempersiapkan sistem penggajian payroll

Meskipun badan usaha yang sedang anda jalankan adalah masih sedang berkembang, anda juga dapat memulainya untuk memiliki sistem penggajian payroll system. Aplikasi ini dapat dijalankan oleh SDM atau juga anda sendiri yang selalu memantau perkembangan karyawan dan provitabilitas. Tidak perlu repot dalam melakukan transaksi perusahaan

Dengan menggunakam laptop, anda sudah dapat mengatur dan mengelola pembagian gaji karyawan. Tidak perlu harus mengantri di bank atau harus transfer manual. Semua sudan tersistematis dengan baik.

Dari layanan aplikasi PPh 21 hingga pembayaran BPJS juga dapat dibayarkan menggunakan software HR yang dimiliki oleh UKM. Justru dengan menggunakan metode ini usaha menengah dapat berkembang menjadi usaha besar hingga menjadi perusahaan.

4. Mengenalkan Standar Operasional Prosedur pada karyawan

Usaha kecil atau menengah biasanya bekerja berdasarkan perintah atasan dan belum mimiliki sistem baku atau tetap sehingga teratur dan pasti dalam bekerja. Sudah saatnya ini dimulai sejak awal membangun bisnis sudah membekali karyawan dengan metode ini. Setiap perusahaan pasti ingin memiliki brand atau ISO. Inilah yang membuat perusahaan menjadi kuat jika menerapkan cara ini sejak awal.

5. Membuat sistem pelaporan baku dan berkala

Yang terakhir dalam mengatur strategi ini adalah pembuatan laporan. Zaman sekarang ini kita transaksi lebih banyak dalam bentuk digital. Sudah waktunya sistem pelaporan bisnis anda menggunakan laporan digital. Tidak perlu khawatir. Banyak provider yang menawarkan sistim ini. Biasanya berupa software HR satu atap. Jadi software ini dapat digunakan untuk berbagaihal hingga berujung pada laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *