Bagi sebagian besar orang, AC menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada di dalam rumahnya. Bagaimana tidak, saat musim kemarau tiba, suhu udara jadi terasa sangat panas. Keringat pun bermunculan dan berpotensi menimbulkan dehidrasi. Supaya udara tetap terasa sejuk dan segar, salah satu caranya adalah memasang AC di dalam ruangan.

Mungkin, di antara kamu dalam waktu dekat ini punya keinginan untuk memasang AC. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memasang AC, mulai dari tipe dan jenisnya. Saat ini, di pasaran sudah tersebar beragam tipe AC, mulai dari AC inverter dan AC standar. Kedua tipe tersebut kerapkali jadi andalan bagi orang-orang untuk dipasang di rumah. Meski begitu, AC inverter dinilai masih menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang.

Memangnya, apa, sih, AC inverter itu? Secara garis besar, AC inverter adalah AC yang sudah dilengkapi dengan inovasi yang lebih smart dan berkualitas. AC ini sudah dilengkapi dengan komponen yang mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu saja, AC inverter juga dilengkapi dengan variable frequency menggabungkan inverter listrik yang dapat disesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat menghemat daya listrik. Tidak heran apabila orang-orang lebih memilih AC inverter untuk dipasang di rumah. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan AC inverter terbaru, kamu bisa langsung mengunjungi dealer resmi Daikin terdekat di kotamu atau mengunjungi situs web resminya. Di sana, ada banyak sekali produk AC inverter berkualitas yang bisa kamu bawa pulang.

Terlepas dari semua itu, sebelum membeli AC inverter, sebaiknya pahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu:

  1. Kelebihan AC inverter
  • Mengeluarkan udara yang lebih sejuk dan dingin
  • Hemat listrik
  • Sudah menggunakan freon R410a yang friendly ozone dan termasuk salah satu jenis freon yang direkomendasikan oleh pemerintah saat ini
  • Suara kompresor lebih halus sehingga tidak berisik
  1. Kekurangan AC inverter
  • Harganya dinilai lebih mahal dari jenis AC lainnya
  • Biaya servis dan perawatan juga mahal
  • Tidak ada proses idle atau stunby sehingga kompresor dipaksa bekerja terus, tetapi mungkin akan berputar lebih lambat apabila sudah mencapai suhu yang ditentukan
  • Harga sparepart dan freon mahal

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *