British School Jakarta (BSJ) Kindergarten atau TK memiliki visi mengembangkan keterampilan sosial, kemandirian, dan ketahanan anak sejak usia dini. Jenjang TK di BSJ juga menerapkan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Lalu, apakah perbedaan sekolah TK dan PAUD?

Perbedaan TK dan PAUD

Jenjang pendidikan untuk anak usia dini biasanya terbagi atas 2 jenis berdasarkan usianya, yakni PAUD dan TK. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan keduanya yang perlu Anda ketahui:

1. TK

Taman Kanak Kanak atau TK merupakan lembaga pendidikan untuk anak usia minimal 4 tahun. TK terbagi menjadi dua kelompok belajar yang masing-masing usia muridnya hanya berjarak satu tahun, yaitu TK A dan TK B. TK A untuk anak berusia 4 tahun, sedangkan TK B bagi anak usia 5-6 tahun.

Pembelajaran TK memiliki kurikulum pembelajaran yang sedikit lebih rumit daripada PAUD. Sebab, murid TK dipersiapkan untuk menuju jenjang sekolah dasar.

Di TK biasanya anak mulai mempelajari perhitungan sederhana, agama, bahasa, bernyanyi, budi pekerti, keterampilan, olahraga dan sebagainya. Berikut ini beberapa target kemampuan bagi anak usia TK, yaitu:

  • Mengenal huruf, mengeja, dan mulai bisa membaca walau dengan kemampuan yang terbatas.
  • Memahami cerita sederhana.
  • Mampu berhitung dengan angka kecil.
  • Mampu bersosialisasi dengan teman sebaya.
  • Memahami lagu anak dan mampu menyanyi dengan ceria serta percaya diri.
  • Mampu mempraktikkan gerakan olahraga yang sederhana.

2. PAUD

PAUD bukanlah lembaga pendidikan formal, namun tetap memiliki kurikulum dalam proses belajar mengajarnya.  Tujuan adanya PAUD yakni sebagai wadah anak-anak bisa saling bersosialisasi dan mengenali metode belajar dengan cara bermain.

Kegiatan PAUD didominasi dengan kegiatan fisik, seperti menggambar, mewarnai, bernyanyi, dan bermain di luar ruangan.  Hal yang tampak sederhana ini akan memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan kemampuan kognitif, afektif, maupun motorik anak dengan cara yang menyenangkan.

Semua kegiatan dikemas dengan sederhana dan menyenangkan agar menarik perhatian anak dan membuat anak tertarik melakukan banyak hal serta bereksplorasi.

Anda dapat mendaftarkan anak ke jenjang pendidikan PAUD ketika usianya telah mencapai 2-4 tahun. Usia ini merupakan masa keemasan anak, karena ia berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga sayang untuk Anda lewatkan.

Selain itu, pada usia ini anak juga memiliki daya tangkap yang sangat baik dan mudah dalam menyerap informasi. Jadi, sangat tepat untuk Anda memberikannya pelajaran tentang berbagai hal.

Jadi, Pilih TK atau PAUD?

Setelah Anda memahami perbedaan antara TK dan PAUD di atas. Tentunya Anda akan semakin yakin dalam menentukan jenjang pendidikan mana yang cocok bagi anak Anda saat ini.

Apakah anak Anda harus masuk ke PAUD atau TK? Sebaiknya pilihlah sesuai dengan tingkatan usianya saat ini. Agar anak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published.