Sebagai orang tua, Mama pasti menginginkan si Kecil bisa tumbuh sehat dan aktif sejak usia dini. Banyak yang dipikirkan mulai dari kebutuhan bayi, kesehatannya, bahkan harga popok bayi.

Semua itu karena Mamam sangat menyayangi si kecil sehingga ingin memberikan yang terbaik baginya. Selain itu Mama juga perlu memperhatikan pertumbuhannya, plajarilah bagaimana pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dari bayi apakah sudah sesuai dengan perkembangan si kecil.

Tahap perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil berbeda-beda dan tidak boleh Mama lewatkan. Pasalnya, tahapan-tahapan tersebut bisa menjadi indikator kemampuan si Kecil apakah ia dapat tumbuh sehat dan baik sesuai umurnya atau tidak. Berikut ini adalah informasi mengenai fase penting pertumbuhan anak yang Mama bisa ketahui yakni antara lain sebagai berikut:

Kemampuan Tengkurap

Sebagian orang mungkin menganggap proses tengkurap bayi merupakan persoalan yang sepele, namun kemampuan tengkurap merupakan masa pertumbuhan anak yang penting. Proses si Kecil mulai tengkurap biasanya terjadi pada usia anak sekitar 3-4 bulan. Proses si Kecil tengkurap menunjukan pertumbuhan leher si Kecil sudah kuat. Proses si Kecil tengkurap juga menunjukan bahwa koordinasi otot tangan dan leher si Kecil sudah baik.

Selanjutnya, Mama sebaiknya mengecek apakah si Kecil bisa tengkurap pada usia 4 bulan, jika belum segeralah periksakan si Kecil ke dokter anak. Mama tidak usah panik karena memang perkembangan anak berbeda-beda antara satu anak dengan anak lain.

Kemampuan Duduk

Ketika memasuki usia 6 bulan, tulang leher dan punggung si Kecil akan semakin kuat, umumnya si Kecil akan menunjukan kemauan dan kemampuan untuk duduk sendiri. Si Kecil dapat dirangsang dengan sandaran yang empuk agar si Kecil dapat merasa nyaman. Ketika si Kecil sudah nyaman duduk dengan sandaran yang nyaman, si Kecil akan mencoba duduk sendiri tanpa menggunakan bantuan apapun, akan tetapi sebaiknya jangan lupa untuk Mama awasi ya, Ma.

Memasuki usia 6 bulan sampai 12 bulan ke atas si Kecil mulai diberikan MPASI (Makanan Pendamping Asi) dengan cara membiasakan duduk sendiri tanpa digendong agar kemampuan duduk si Kecil bertambah baik.

Kemampuan Merangkak

Salah satu masa pertumbuhan anak yang merupakan fase penting adalah ketika anak belajar merangkak. Umumnya si Kecil mulai belajar merangkak pada usia 9 bulan hingga 12 bulan. Pastikan Mama memperhatikan dan mengawasi saat si Kecil belajar merangkak, ya karena dukungan Mama juga akan membuat si Kecil lebih semangat.

Pada usia 12 bulan, si Kecil juga mulai berusaha bangun sendiri dan mencoba beberapa langkah saat belajar berjalan, namun si Kecil belum siap berjalan sendiri tanpa dibantu.

Kemampuan Berjalan

Masa pertumbuhan anak yang tidak kalah penting adalah pada saat si Kecil belajar berjalan. Karena, pada usia 12 bulan, si Kecil akan mulai belajar berjalan dengan cara dipegang kedua tangannya. Ketika si Kecil mulai belajar berjalan, usahakan si Kecil tidak memakai alas kaki agar otot kaki si Kecil semakin kuat. Ibu bisa mulai mengajarkan si Kecil berjalan pada jarak pendek terlebih dahulu.

Si Kecil baru bisa berjalan tanpa perlu dibantu pada usia 18 bulan. Pada usia 18 bulan si Kecil juga sudah bisa menarik mainan mobil-mobilannya sendiri.

Selain mengawasi dan memperhatikan fase pertumbuhan anak, Mama harus memastikan anak-anak selalu beraktifitas dengan nyaman agar tak menggangu tumbuh kembangnya. Untuk itu gunakanlah popok yang nyaman saat berkegiatan sehari-hari, Gunakan popok Merries yang akan memberi kenyaman pada si kecil karena memiliki permukaan yang lembut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *