Tips Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak

Setelah kita berusia lanjut, kemungkinan penglihatan dan pendengaran akan berkurang, hal ini merupakan wajar karena semakin lama kita hidup dan semakin tua, tubuh akan semakin berkurang sensitifitasnya. Tapi terkadang berkurang maupun hilangnya penglihatan bisa menyerang ketika masih muda, seperti terkena gangguan mata layaknya minus atau terkena penyakit, contohnya katarak yang menyerupai selaput putih menutup.

Ketika diserang katarak, maka kita nggak bisa melihat, bukan karena fungsi mata yang mulai berkurang, tapi karena ada yang menutupi mata kita yaitu di bagian kornea sehingga susah untuk melihat. Perawatan mata pasca operasi katarak merupakan hal penting, setelah mata yang terkena penyakit ini dibersihkan dengan jalan operasi. Dalam merawat agar mata bisa berfungsi seperti sedia kala, kita perlu tau.

Yang Harus Dilakukan Dalam Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak

Penyembuhan setelah operasi akan makan waktu sekitar satu bulan, nah, selama rentang satu bulan itu, nantinya akan diberi dokter obat berupa obat tetes mata yang harus diteteskan secara rutin. Sebisa mungkin tangan dalam keadaan bersih ya, dan bila terasa nyeri bisa meminum obat yang mengandung paracetamol, jika keadaan memarah hubungi dokter.

Perawatan mata pasca operasi katarak selain menggunakan obat dengan teratur, ketika beristirahat juga wajib menggunakan pelindung mata. Dikarenakan nggak boleh menyentuh atau menggosok mata selama sebulan ini, pelindung ini berguna untuk menghindarkan dari gerakan tiba-tiba dan gangguan lainnya pada mata. Untuk makanan yang dikonsumsi, bisa memakan semuanya, hanya membatasi olahraga agar mata yang habis dioperasi nggak mengalami gangguan yang membahayakan.

Selama sebulan pertama setelah operasi, keadaan mata harus bener-bener steril. Jangan lakukan kegiatan yang bisa memicu kotoran jatuh atau masuk ke mata, termasuk air sabun atau air bercampuran untuk perawatan mata pasca operasi katarak, seperti air kolam renang. Jangan pula mengemudi dulu, karena pandangan masih sedikit buram, sekaligus menghindari hal-hal yang nggak diinginkan karena minimalnya pandangan untuk mengemudi di jalan.

Larangan di atas dikarenakan mata masih mempunyai luka yang kecil dan harus dijaga hingga bener-bener sembuh. Jadi jangan membawa beban berat, jangan pula beraktivitas yang berat, dan jangan membungkuk. Daripada memicu hal yang nggak diinginkan pada mata, lebih baik istirahat dulu dalam bekerja keras dan hal lainnya demi kebaikan dan kesembuhan mata itu.

Baru setelah lebih dari sebulan dalam perawatan mata pasca operasi katarak bisa lebih disesuaikan menurut saran dokter, tentunya setelah dokter menyatakan mata telah sembuh benar, bisa kembali ke aktivitas awal. Jika sebelumnya menggunakan kacamata, bisa melakukan tes kembali untuk menentukan kir-nya, karena ukuran kir mata biasanya kembali normal dalam sebulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *