Setiap orang pasti hampir pernah mengalami masalah pada gigi, baik itu ringan maupun berat. Hal ini tidak lepas dari bagaimana gaya hidup masing-masing individu seperti rutinitas menggosok gigi serta menjaga makanan. Jika sudah mengalami permasalahan tersebut, mau tidak mau harus segera diobati di dentist Jogja terdekat agar tidak bertambah parah.

Di pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai apa saja masalah pada gigi yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Dengan informasi tersebut, diharapkan Anda bisa lebih peduli lagi pada pentingnya menjaga kesehatan organ tersebut. Lebih lengkapnya, silakan simak pembahasan penting berikut ini.

Permasalahan Gigi yang Kerap Ditemui

1. Abrasi

Masalah pertama yang sering ditemui adalah abrasi. Abrasi terjadi ketika organ ini mengalami gesekan terus menerus terlalu kuat. Ada berbagai macam penyebabnya seperti terlalu keras ketika menyikat, behel terlalu rapat, dan sebagainya. Untuk mencegah terjadi masalah tersebut, Anda bisa mengganti sikat sehingga tidak menyebabkan gesekan terlalu kuat.

2. Sariawan

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami kondisi satu ini. Meskipun tidak menyerang gigi secara langsung, sariawan juga kerap terjadi pada gusi. Jika dilihat dari tingkat parahnya, ada sariawan ringan hingga sariawan berat. Sariawan ringan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin C atau akan sembuh sendiri. Akan tetapi, pada kasus sariawan berat harus ditangani oleh dokter agar tidak terjadi infeksi.

3. Berlubang

Selanjutnya ada juga masalah gigi berlubang. Masalah tersebut biasanya terjadi karena terjadi perubahan pada jaringan gigi menjadi karies. Pada beberapa kasus, penderita gigi berlubang akan merasakan sakit di bagian tersebut ketika ada makanan terselip di dalamnya. Penyebab paling umum dari masalah ini adalah jarang menggosok gigi serta sering mengonsumsi makanan manis.

Ketika membawa ke klinik, biasanya dokter akan menambal lubang tersebut jika masih bisa diatasi. Namun, jika kondisinya sudah parah maka gigi tersebut akan dicabut. Oleh karena itu, sangat penting memeriksakan secara rutin sehingga ketika terjadi masalah kecil akan langsung diatasi dan tidak sampai ke fase kondisi lebih parah.

4. Gusi berdarah

Gusi berdarah juga kerap disebut sebagai radang gusi. Masalah ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, seringnya muncul warna kemerahan ataupun darah keluar juga akan membuat tidak percaya diri ketika bertemu orang lain. Saat seseorang mengalami masalah tersebut, artinya gusi tidak mendapatkan perawatan baik.

Gejala penyakit ini memang kerap tidak terasa sehingga penderitanya tidak akan terlalu menyadari. Namun, jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus, kondisi akan menjadi semakin parah dan menimbulkan peradangan. Jika ini sudah terjadi, jalan satu-satunya adalah membawa ke dokter gigi. Sementara itu, gusi berdarah dapat dicegah dengan membersihkan karang gigi secara rutin.

5. Erosi

Masalah berikutnya adalah erosi gigi. Kasus tersebut disebabkan karena terjadinya pengikisan pada bagian enamel. Enamel adalah lapisan pelindung untuk melindungi dentin. Jika bagian ini terkikis, dentin akan terkena kontak sehingga menimbulkan rasa sakit. Penyebab utama masalah ini adalah sering meminum minuman ringan berlebihan. Hal tersebut karena minuman ringan banyak mengandung asam sitrat tinggi.

Demikian sedikit penjelasan mengenai beberapa masalah gigi yang sering dialami kebanyakan orang. Jika Anda mengalami masalah di atas, sebaiknya langsung bawa ke dokter berkualitas. Salah satu Dentist Jogja terbaik saat ini adalah Opal Dental. Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan di website resmi www.opaldentalindonesia.com.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *