Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Baik bagi pria tau wanita, jerawat adalah masalah kulit yang mengganggu. Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami dan dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Orang yang sedang jerawatan pasti ingin rasanya cepat-cepat menghilangkan jerawatnya.

Ada banyak cara untuk menghilangkan jerwata, baik alami maupun non-alami. Menghilangkan jerawat secara alami tentu lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Apa saja, sih, yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami?

Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat.

1. Lidah buaya

Kandungan polifenol dalam lidah buaya mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Caranya dengan memotong lidah buaya dan diambil bagian daging/gel-nya. Setelah itu, dihaluskan dan dioles ke wajah seperti masker. Diamkan selama 25-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang mampu membantu menghilangkan jerawat lebih cepat. Selain itu, terdapat antioksidan, antivirus, antijamur, antiseptik pada bawang putih yang bisa menghilangkan peradangan kulit.

Untuk pemggunaannya, kamu bisa ambil satu siung bawah putih dan dipotong menjadi 2. Tempel atau gosok di bagian jerawat selama 15 menit kemudian bersihkan.

3. Perasan Lemon

Buah lemon memiliki asam askorbat yang mampu menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat. Caranya cukup peras satu buah lemon dan oleskan ke wajah, terutama yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit kemudian bilas.

4. Madu

Madu murni bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan penyembuh luka karena kandungan antibakterialnya. Ambil 1-2 sendok madu, bisa dihangatkan terlebih dahulu di microwave selama 30 detik baru dioleskan ke wajah. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Mentimun yang memiliki kandungan antioksidan dan asam amino tinggi juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat. Cukup dengan mengiris-iris tipis mentimun dan diletakkan di wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan 15-30 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Putih Telur

Putih telur ternyata juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat karena mengandung enzim lysonzim. Caranya dengan pisahkan putih telur dari kuningnya lalu kocok. Beri tambahan perasan lemon atau jeruk nipis dan oleskan ke seluruh wajah. Tunggu selama 15-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

7. Tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C yang dapat menghilangkan jerawat. Pengaplikasiannya hampir sama dengan mentimun, potong tomat kemudian tempel/oles ke seluruh wajah. Tunggu dan diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Pepaya

Buah lain yang bisa kamu gunakan adalah pepaya. Kandungan enzim papain dalam pepaya mampu mengangkat sel mati. Pepaya juga mengandung antioksidan yang bagus untuk menghilangkan jerawat. Penggunaanya dengan potong pepaya secukupnya kemudian haluskan dan diaplikasikan seperti masker. Diamkan kurang lebih 15-30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *