Kamu Tetap Bisa Berolahraga Meski Saat Sibuk Sekalipun

Setiap orang tentunya ingin menjadi orang yang sehat baik secara lahir maupun batin. Mala dari itu, setiap orang berusaha menjaga kesehatannya dengan berbagai cara, seperti tidur cukup, makan makanan sehat, dan juga berolahraga.

Tetapi sekarang coba bayangkan rutinitas harian kamu. Kamu bangun pagi kemudian menyiapkan sarapan dan keperluan untuk hari itu, kemudian berangka bekerja. Mayoritas pekerjaan kamu dikerjakan di depan komputer sehingga yang kamu lakukan hanya duduk.

Setelah bekerja seharian kamu pulang, menyiapkan untuk malah hari kemudian tidur karena merasa lelah. Aktivitas ini diulang-ulang terus setiap hari. Kemudian timbul pertanyaan, kalau bekerja terus, kapan olahraganya?

Alasan sibuk bekerja itulah yang sering digunakan orang ketika ditanya mengapa tidak berolahraga. Mereka menyalahkan aktivitas mereka sehari-hari sehingga tidak bisa berolahraga. “Kan, sedang sibuk. Tidak ada waktu buat olahraga.” Kira kira seperti inilah perkataan orang-orang.

Kalau kamu juga berpikiran seperti itu, maka kamu salah besar. Sebenarnya, kalau kamu mau, olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja meski kamu sedang sibuk sekalipun. Maka dari itu, kamu harus mengubah pola pikir kamu.

Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan kamu. Misalnya, kamu bisa bangun lebih awal untuk berolahraga. Jika kamu masih merasa belum cukup, kamu bisa berolahraga kecil seperti jogging di area sekitar rumah.

Kamu juga bisa menyisihkan waktumu kurang lebih 5 menit, untuk melakukan push-up, sit-up, dan back-up untuk peregangan. Meskipun sebentar, jika dilakukan secara rutin pasti akan ada manfaatnya bagi kesehatan kamu.

Di sela-sela bekerja pun kamu juga bisa mencuri-curi kesempatan untuk berolahraga. Misalnya, kalau kamu berangkat kerja dengan kendaraan pribadi, kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu lebih jauh sehingga kamu bisa berjalan ke tempat kerja. Jangan salah, aktivitas fisik seperti berjalan pun sudah termasuk olahraga.

Selain itu, untuk lebih membakar kalori, kamu bisa menghindari menggunakan lift atau elevator dan mulai menggunakan tangga. Khususnya yang tempat kerjanya hanya berada di lantai 2 atau 3, cobalah gunakan tangga.

Kamu juga perlu melakukan peregangan-peregangan di saat kamu duduk bekerja. Jangan biarkan tubuhmu hanya dalam posisi duduk untuk waktu yang lama. Misalnya saat istirahat, kamu bisa melakukan peregangan tangan ke atas atau ke samping dan sebagainya.

Memang kalori yang terbakar tidak sebanyak saat olahraga berat, tapi paling tidak kamu sudah menggerakkan tubuhmu dan tidak hanya melakukan aktivitas pasif. Luangkan waktumu sebisa mungkin untuk selalu berolahraga. Kamu juga pasti memiliki hari libur, maka gunakan hari libur itu untuk berolahraga berat.

Terkadang, bukan waktu yang menghalangi kita untuk berolahraga, tetapi kemauan. Kamu harus bisa mengalahkan rasa malasmu demi mendapatkan tubuh yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *