Buku tabungan bank penggunaannya hampir selalu rutin untuk mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran. Tahukah kamu bahwa mencetak buku tabungan (manual) secara berkala itu banyak manfaatnya?

1. Untuk mengetahui ringkasan transaksi selama sebulan, kamu jadi bisa menganalisis uang yang masuk dan yang keluar

Meskipun kamu bisa mengecek rincian transaksi melalui mobile banking atau internet banking, terkadang yang ditampilkan hanya dalam kurun waktu 30 hari saja. Nah, pencetakan buku tabungan akan menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu atau yang diinginkan. Sekarang pun sudah banyak aplikasi pencatat keuangan dan notifikasi pengeluaran keuangan dalam platform digital, namun tetap memperhatikan setiap pengeluaran dalam satu tabungan akan lebih baik.

2. Catatan transaksi di bank juga digunakan sebagai syarat untuk pelaporan pajak tahunan

Bagi seseorang yang sudah bekerja, keberadaan buku tabungan merupkan dokumen wajib yang bisa digunakan untuk beberapa hal penting, pelaporan pajak salah satunya. Biasanya dinas perpajakan akan meminta wajib pajak untuk melampirkan salinan lembar buku tabungan termasuk detail isinya selama satu tahun penuh dalam pelaporan pajak pada tahun yang bersangkutan.

3. Sebagai syarat utama pengajuan pinjaman ke bank, termasuk juga KPR

Ketika kamu membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), tentu pihak bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Seperti halnya cetak buku tabungan maupun rekening koran. Cetak buku tabungan dijadikan salah satu dokumen penunjang atau bukti bahwa ada alur keuangan yang sehat pada rekeningmu. Kalau transaksi keuangan dan tabunganmu lancar, maka pengajuaan pinjaman pun tentu akan lebih mudah diproses.

Mencetak transaksi tiap bulan kini bisa dilakukan via digital. Untuk nasabah bank BRI bisa menggunakan Internet ebanking terbaru BRImo untuk mengecek transaki selama 30 hari kebelakang. Meskipun terbatas hanya 30 hari, tetapi fitur ini cukup bermanfaat untuk mengetahui uang masuk dan keluar di rekeningmu. Kamu juga bisa mengetahui informasi saldo melalui aplikasi BRImo dengan mudah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *