Sumber zat besi untuk bayi memang sangat beragam. Seperti yang sudah kita ketahui, si kecil memang membutuhkan berbagai macam jenis nutrisi untuk membantu tumbuh kembang mereka agar semakin optimal. Berbicara mengenai nutrisi, zat besi menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan bayi anda agar tumbuh secara optimal.

Zat besi sendiri adalah bagian yang cukup penting didalam hemogoblin. Ini merupakan senyawa pada sel darah merah dimana memiliki fungsi utama buat mengantarkan oksigen dari paru-paru agar bisa digunakan pada bagian tubuh anak lainnya. Tanpa adanya zat besi inilah, hemoglobin tidak dapat mengangkut oksigen secara optimal.

Adapun kebutuhan zat besi harian untuk anak anda berbeda-beda dan tergantung dengan usia yang mereka miliki. Berdasarkan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak dengan usia 0-5 bulan membutuhkan zat besi sebesar 0,3 mg, usia 6-11 bulan butuh 11 mg, 1-3 tahun membutuhkan zat besi 7 mg dan usia 4-6 tahun membutuhkan 10 mg.

Sumber Zat Besi Untuk Bayi

Untuk bunda yang sedang bingung produk makanan atau minuman manakah yang mampu mencukupi kebutuhan zat besi si kecil, berikut ini beberapa sumber zat besi untuk bayi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak menjadi salah satu makanan dimana mempunyai kandungan zat besi didalamnya. Adapun jenis daging tersebut seperti sapi, ayam, kalkun, dan bebek. Agar anda mau makan dengan mudah, cobalah sajikan secara bervariasi sebagai MPASI.

Namun, dalam memberikan daging, bunda sebaiknya tidak boleh asal dalam memilih daging. Pastikan memilih daging tanpa lemak. Mengingat kandugan lemak kurang baik untuk kesehatan buah hati anda.

2. Telur

Tidak hanya dikenal kaya akan protein, telur ternyata juga menjadi salah satu sumber zat besi untuk bayi yang terbaik. Terutama pada kuning telurnya dimana mengandung zat besi lebih banyak. Rasanya yang lembut serta gurih, dijamin akan membuat bayi anda suka dengan MPASI yang anda berikan tersebut.

3. Ikan Tuna dan Seafood

Ikan tuna serta seafood seperti udang juga bisa anda berikan pada bayi untuk memenuhi asupan zat besi mereka. Didalam 3 ons tuna sendiri terkandungan 1 mg zat besi, sedangkan pada 4 ons udang memiliki kandungan zat besi 2 mg. tetapi, perlu anda ingat apabila pemberian seafood harus berhati-hati, sebab biasanya akan menimbulkan alergi pada buah hati anda.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bukan hanya mengandung vitamin E saja, tetapi beberapa jenisnya memiliki kandungan zat besi seperti kacang merah, kacang polong hingga kacang kedelai. Ketiga jenis kacang-kacangan tersebut sangat bagus untuk dikonsumsi oleh buah hati anda.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau ternyata juga dikenal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi serta aman untuk dikonsumsi bayi. Adapun beberapa pilihan sayuran hijau tersebut diantaranya adalah bayam, brokoli, sawi hingga keciwis. Dengan membiasakan anak mengkonsumsi sayuran hijau sejak dini ternyata akan memberikan banyak manfaat.

Akibat Kurang Zat Besi pada Bayi

Terdapat beberapa akibat apabila buah hati anda tersebut kekurangan zat besi. Salah satunya adalah anak akan mengalami anemia. Dimana ini merupakan kondisi anak kekurangan darah. Selain itu, anak-anak yang kekurangan zat besi biasanya juga akan menunjukkan beberapa tanda seperti kenaikan berat badan yang tidak sesuai, selera makan menurun, kulit pucat hingga pertumbuhan lambat.

Zat besi menjadi salah satu nutrisi baik yang dibutuhkan oleh si kecil. Hal tersebut karena nutrisi ini akan membantu pertumbuhan buah hati anda agar semakin optimal. Pastikan bunda bijak dalam memilih sumber zat besi untuk anak yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *