Bagi para pengguna Tiktok, pasti tidak asing dengan istilah FYP atau For Your Page. Video yang masuk FYP berkemungkinan besar untuk dilihat oleh lebih banyak orang dan tentu saja mendapatkan like, komentar, dan follow yang besar pula. Sayangnya, tidak sedikit yang belum tahu bagaimana cara FYP di Tiktok dengan benar dan terkesan hanya asal membuat video saja.

Pengertian FYP atau For Your Page

For Your Page merupakan halaman rekomendasi yang akan muncul ketika pengguna Tiktok masuk ke dalam aplikasi. Tidak hanya satu, ada banyak video yang masuk ke halaman FYP. Oleh sebab itu, video yang masuk FYP kemungkinan besar akan menjadi viral dan membuat video lainnya dari pengguna tersebut lebih mudah masuk FYP lagi.

Dari pengertian tersebut, masuk FYP adalah salah satu hal yang diidam-idamkan oleh para content creator di Tiktok. Lalu bagaimana cara agar video bisa masuk FYP? Simak pembahasan berikut ini.

Cara Mudah Masuk FYP di Tiktok

Tiktok Adalah Platform Sosial Media Berbasis Video Pendek

1. Mengikuti tren atau challenge yang sedang populer

Agar bisa masuk FYP dengan mudah, mau tidak mau Anda harus membuat konten yang sedang populer. Membuat konten edukasi mungkin akan sedikit lebih sulit, apalagi jika pengemasan video kurang menarik dan tidak ada korelasi dengan hal yang sedang populer. Sebagai catatan, mengikuti tren bukan berarti Anda harus meninggalkan karakter Anda.

Anda tetap bisa mengikuti tren, namun dikemas menggunakan ciri khas dan sudut pandang Anda pribadi sehingga video Anda menjadi lebih unik. Jadi, Anda tidak perlu meniru gaya orang lain persis karena itu malah bisa menjadi senjata makan tuan. Sebagai contoh sedang populer challenge goyang kopi dangdut. Andaipun Anda berlatar belakang guru misalnya, tetap pakai karakter tersebut untuk memberikan karakter yang unik.

2. Mengutamakan engagement

Konten video yang hendak Anda buat juga sebaiknya bisa memancing engagement, bisa berupa diskusi, persetujuan, dan sebagainya. Jangan terlalu sering membuat video yang bersifat satu arah dan tidak memancing reaksi penonton. Sebagai contoh, ketika membuat konten opini atau sebuah informasi unik, Anda bisa mengakhiri dengan pertanyaan seperti “Bagaimana menurut Anda?”.

3. Memperhatikan waktu upload video

Seperti halnya Instagram yang memiliki waktu krusial untuk mengupload konten, Tiktok pun juga demikian. Ada waktu-waktu tertentu yang tepat digunakan untuk mengunggah konten dan waktu yang kurang bagus. Waktu ini berdasarkan dari waktu luang dari mayoritas pengguna Tiktok. Pukul 12.00—13.00, 16.00—18.00, dan 19.00-22.00 adalah waktu yang paling bagus untuk mengupload konten Tiktok Anda.

4. Memperbanyak interaksi

Mungkin pada awalnya tidak banyak yang menyukai dan berkomentar di video Anda. Jika berada pada kondisi ini, cobalah untuk berinteraksi dengan pengguna Tiktok lain dengan cara menyukai dan memberikan komentar positif di konten mereka. Anda juga bisa membuat konten duet dengan kreator yang sudah sering masuk FYP.

Selain berkemungkinan membuat video Anda mudah masuk FYP, cara ini juga akan membangun relasi yang baik dengan kreator Tiktok lainnya. Anda bisa meminta tips dan trik yang lebih ampuh untuk bisa sukses seperti dia. Bukan tidak mungkin jika relasi semakin bagus, Anda akan sering diajak berkolaborasi untuk membuat konten.

Jadi, sebenarnya masuk FYP di Tiktok tidak terlalu sulit. Kunci utama yang harus terus dipegang adalah konsistensi dan kreativitas. Jika kedua hal tersebut sudah benar-benar ditanamkan dengan baik, masuk FYP sudah bukan sesuatu yang sulit lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *