Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi telegram? Ya, aplikasi ini memang sekilas mirip dengan WhatsApp tetapi yang membedakan adalah fitur yang ada didalamnya. Dimana didalam telegram sendiri tersemat bot telegram yang mempunyai fungsi cukup penting. Inilah alasan mengapa banyak orang mencari info mengenai cara membuat bot telegram tersebut.

Jika anda pengguna telegram pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan bot didalamnya bukan? nah, keberadaan bot ini akan membuat pekerjaanmu lebih cepat dan praktis. Inilah yang membedakan aplikasi ini dengan lainnya. Tetapi sebelum berlanjut ke informasi sebelumnya, apakah anda sudah tahu apa itu bot telegram?

Mengenal Bot Telegram, Apa Itu

Mengenal bot telegram, apa itu?

Bot atau robot telegram adalah aplikasi tambahan dimana dapat berjalan didalam aplikasi bersangkutan. Jika dilihat, sebenarnya bot ini memang sama saja seperti dengan pengguna biasanya. Hanya saja, mereka tidak memiliki nomor telefon dan dioperasikan komputer.

Bot didalam telegram sendiri memiliki kemampuan buat memberikan respon perintah maupun permintaan sesuai dengan parameter atau kata kunci yang sudah diatur oleh admin dari bot bersangkutan. Pengguna pun dapat melakukan interaksi dengan user lainnya dengan cara mengirim pesan ke bot dengan format tertentu.

Ada banyak alasan mengapa layanan yang satu ini wajib untuk anda coba. Salah satunya adalah dapat membuat proses messaging semakin mudah terutama bagi yang tergabung didalam sebuah grup. Dan masih banyak alasan mengapa harus menggunakan bot tersebut.

Cara membuat bot telegram dengan botfather

Sampai ke pembahasan cara membuat bot telegram. Kali ini akan menggunakan botfather dimana ini merupakan bapak dari semua bot yang terdapat didalam telegram. Bot ini pun juga digunakan untuk melakukan pengaturan pada bot-bot lain dimana sudah diatur para pengguna. Berikut langkah-langkah dalam membuat botfather ini tanpa coding.

1. Buka dahulu aplikasi telegram
2. Pada kota pencarian didalamnya, anda dapat mengetikkan botfather. Jika sudah ketemuan maka langsung klik saja.
3. Ketik /newbot untuk membuat bot yang baru didalamnya
4. Disinilah, anda dapat mengatur nama untuk bot yang akan dibuat
5. Dalam membuat bot, maka pemilihan nama bot harus memiliki akhiran bot sebagai contohnya managerBot maupun manager_bot
6. Sesudah bot berhasil dibuat maka anda akan memperoleh API token dimana dapat digunakan buat mengakses API bot yang sudah disediakan oleh pilihan telegram. API disini merupakan antara muka yang disediakan oleh suatu aplikasi guna melakukan interaksi dengan aplikasi tersebut. API biasanya digunakan buat programmer buat mengakses fungsi program lain yang berasal dari program yang mereka buat.
7. Untuk melakukan control terhadap bot yang dibuat maka terdapat beberapa perintah yang sudah disediakan seperti
a. /newbot untuk membuat bot baru
b. /mybots untuk mengedit bot yang sudah dibuat

Manfaat menggunakan bot telegram

Terdapat sejumlah manfaat apabila menggunakan bot telegram ini didalamnya terutama buat meringankan pekerjaanmu diantaranya adalah sebagai berikut

1. Untuk memberikan pemberitahuan khusus maupun berita penting sesuai dengan topik yang disediakan
2. Dapat mengintegrasi layanan lainnya dimana memudahkan pemirsa maupun pembuat konten dalam mencari maupun mengantarkan berita
3. Membantu buat menangani pembayaran terutama untuk menangani proses maupun metode pembayaran seperti demo shop bot
4. Dapat membantu tool lebih berguna seperti tool bot menyapa pengguna lainnya hingga melakukan terjemahan
5. Tidak hanya itu saja, bot telegram pun ternyata juga dapat membuat games didalamnya

Keberadaan bot telegram sendiri ternyata memberikan kemudahan perkerjaan siapapun. Demikian cara membuat bot telegram dengan menggunakan botfather yang cukup mudah diterapkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *