Tidak sedikit masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya perlindungan kesehatan dan mulai membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri juga keluarganya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga sudah memiliki asuransi kesehatan pribadi, atau baru hendak mengumpulkan informasi sebelum membeli produk asuransi kesehatan?

Jika belum punya, berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan (sumber: Big Alpha).

  • Perhatikan manfaat yang ditawarkan. Manfaat umum sebuah pertanggungan kesehatan ialah layanan dokter, obat, rawat inap, sampai tindakan operasi (jika diperlukan). Setiap perusahaan asuransi tentu memberi manfaat yang berbeda-beda, sehingga Anda selaku calon nasabah harus cermat membaca brosur dan isi polis asuransi yang akan dibeli sebelum menandatanganinya.
  • Satu polis dapat menanggung satu keluarga. Manfaat optimal adalah opsi utama ketika mencari produk perlindungan kesehatan. Karena itu, Anda dapat memilih produk yang dapat melindungi diri sendiri atau seluruh anggota keluarga dengan satu polis. Jika memilih produk untuk keluarga, keuntungannya adalah nilai premi akan lebih murah daripada satu polis untuk tiap anggota keluarga.
  • Perhatikan pengecualian dalam asuransi. Selain manfaat, setiap produk asuransi juga memiliki pengecualian yang berbeda-beda. Umumnya, asuransi kesehatan tidak menanggung penyakit berat atau penyakit kritis. Karena itu, Anda perlu membaca polis dengan sungguh-sungguh sebelum memilihnya sebagai pilihan terakhir Anda.
  • Pre-existing condition. Istilah ini merujuk pada kondisi kesehatan Anda sebelum menjadi nasabah asuransi. Pada umumnya, setiap perusahaan asuransi memiliki ketetapan soal pre-existing condition. Namun dengan beberapa penyesuaian, kondisi calon nasabah dengan riwayat penyakit yang telah ada sebelum memiliki asuransi (pre-existing condition) dapat dikecualikan oleh perusahaan.
  • Terdapat limit atau batasan Limit berarti batas manfaat yang dapat diterima tertanggung. Misalnya, jika besar tagihan rumah sakit di bawah atau sama dengan limit, maka nasabah dapat pulang tanpa biaya tambahan. Jika lebih besar, maka selisihnya akan ditanggung oleh pemegang polis.
  • Metode klaim cashless. Istilah ini berkaitan dengan klaim pembayaran. Metode nontunai atau cashless akan memudahkan nasabah agar tidak perlu membayar secara tunai kepada rumah sakit atau klinik. Sebaliknya, Anda cukup menggesek atau memberikan kartu asuransi kepada petugas administrasi rumah sakit atau klinik setelah mendapatkan tindakan. Nantinya, rumah sakit atau klinik-lah yang akan meminta penggantian dana ke pihak asuransi.
  • Pastikan rumah sakit rekanan asuransi di daerah tempat tinggal. Setiap perusahaan asuransi memiliki jangkauan rumah sakit yang bervariasi. Untuk itu, jangan luput pilih produk dengan jangkauan rumah sakit yang ada di dekat tempat tinggal Anda untuk berjaga-jaga jika situasi gawat darurat melanda Anda atau anggota keluarga di rumah.

Itulah dia beberapa tips yang penting Anda perhatikan sebelum membeli produk asuransi kesehatan. Tetap perhatikan perjanjian dalam polis agar tidak salah pilih, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.