Laki laki dan perempuan memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda satu sama lain. Tentu saja ini merupakan hukum alam yang tidak bisa ditentang. Perbedaan fisik laki laki dan perempuan ini memang terlihat secara kasat mata. Jadi kita bisa langsung membedakan mana wanita dan mana pria tanpa harus menganalisa lebih lanjut.

Namun pernahkah terpikirkan oleh Anda, apa yang menjadi penyebab dari perbedaan tersebut? Hal ini tentu sangat menarik untuk dibahas bukan? Ternyata ada beberapa pemicu utama dari perbedaan ini jika dilihat dari sudut pandang ilmiah. Langsung saja, ini dia beberapa pemicu tersebut.

Perbedaan Usia Pubertas

Usia pubertas pria dan wanita ternyata berbeda jauh. Berdasarkan hasil riset para ahli, wanita umumnya mengalami puber pada usia 10 hingga 11 tahun. Hal ini menyebabkan perubahan fisik yang signifikan pada perempuan saat menginjak usia 13 tahun. Namun perkembangan ini kemudian mulai terhenti ketika perempuan menginjak usia 16 tahun.

Sedangkan pria, mereka mengalami pubertas mulai usia 12 tahun. Ada keterlambatan hingga 2 tahun jika kita membandingkannya dengan perempuan. Jadi jangan heran kalau di masa kecil, seringkali perempuan memiliki tubuh lebih bongsor. Namun pria akan melampaui mereka karena terus mengalami pertumbuhan hingga mereka berusia 18 tahun.

Perbedaan Hormon yang Dimiliki

Selain usia pubertas, hal lain yang menyebabkan terjadinya perbedaan fisik laki laki dan perempuan adalah jenis hormon yang dimiliki. Masing-masing perempuan memiliki hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuhnya. Kedua hormon tersebut memicu terjadinya pertumbuhan organ reproduksi perempuan dan memicu terjadinya menstruasi.

Di sisi lain, pria memiliki hormon testosteron yang dihasilkan oleh organ testis. Organ ini berfungsi untuk membantu produksi sperma dan pertumbuhan organ identitas pria lainnya seperti dada yang bidang, perubahan warna suara, pertumbuhan tulang dan otot, serta kumis dan janggut.

Perbedaan Sifat dan Emosi

Dari segi sifat dan emosi, perbedaan antara wanita dan pria ini ternyata juga sangat mencolok. Umumnya seorang wanita memiliki karakter yang ekspresif untuk memperlihatkan perasaan dan emosi mereka. Biasanya mereka akan mudah menangis dan senang.

Hal ini berbeda jauh dengan pria yang sering memperlihatkan emosi mereka dengan kemarahan. Bahkan pria ini biasanya memiliki kecenderungan untuk merusak barang ketika mereka sedang marah. Karakter pria juga lebih kuat dan meledak-ledak

Perbedaan Kedewasaan dan Kemampuan Komunikasi

Karena mengalami masa pubertas yang jauh lebih cepat, seringkali perempuan memiliki taraf kedewasaan yang jauh lebih baik dari pria. Hal ini juga berpengaruh pada kemampuan komunikasi mereka. Wanita cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang jauh lebih baik pada saat mereka muda.

Sebaliknya, pria cenderung sulit untuk menjadi dewasa di usia muda mereka. Hal ini juga dipicu oleh masa pubertas yang jauh lebih lambat. Dari segi komunikasi, mereka juga cenderung terlambat. Namun tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Penting bagi Anda untuk memahami beberapa perbedaan fisik laki laki dan perempuan yang sudah kami jelaskan di atas. Dengan memahami hal tersebut, Anda pasti memahami cara terbaik untuk mengarahkan mereka ke arah yang lebih baik dalam hidupnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *